ADS

Kisah Pasukan Elit Perang Dunia II

Berikut ini adalah pasukan-pasukan elit yang sangat berpengaruh dalam jalannya Perang Dunia II.Pasukan elit ini menjalankan misi-misi khusus yang tidak dapat dilakukan pasukan lain. Seperti misalnya misi sabotase, penculikan dan pembunuhan atau infiltrasi.

WAFFEN-SS

Dibentuk : 1925
Aktif : 1939 - 1945
Tipe : Organisasi Militer
Asal : Jerman
Pemimpin : Reichsfuhrer Heinrich Himmler

Tidak ada kesatuan elit yang lebih populer dalam Perang Dunia II daripada Waffen-SS. Waffen-SS(Waffen-Schutzstaffel = Schutzstaffel Bersenjata) adalah mesin perang Nazi Jerman yang paling menakutkan."Hitler's Elite" yang ditakuti bukan hanya karena memiliki kemampuan tempur yang sangat tinggi. Melainkan juga karena kekejaman mereka dan loyalitas yang tanpa batas dan sangat fanatik kepada ideologi Nazi dan sang Fuhrer Adolf Hitler. Banyak catatan-catatan kejahatan perang yang melibatkan kesatuan Waffen-SS selama Perang Dunia II.


FALLSCHIRMJAGER

Dibentuk : Juli 1938
Tipe : Pasukan Khusus Penerjun Payung
Asal : Jerman
Pemimpin :
# Jendral Kurt Student ( 9 Sept 1938 - 16 Mei 1940 )
# Jendral Richard Putzier ( 16 Mei 1940 - 21 Jan 1941 )
# Jendral Wilhelm Sussmann ( 21 Jan 1941 - 20 Mei 1941 )
# Jendral Alferd Sturm ( 20 Mei 1941 - 1 Juni 1941 )
# Jendral Erich Petersen ( 1 Juni 1941 - 1 Agust 1942 )
# Jendral richard Heidrich ( 1 Agust 1942 - 18 Nov 1944 )
# Jendral Karl - Lothar Schulz ( 18 Nov 1944 - )

FALLSCHIRMJAGER adalah pasukan payung Jerman yang pertama kali dalam sejarah melakukan pendaratan pasukan dengan parasut dari udara dalam skala besar-besaran. Penerjunan pasukan pertempuran sebenarny bukan hal baru. Tetapi FALLSCHIRMJAGER-lah yang memplopori operasi penerjunan besar-besaran seperti yang dilakukan oleh Jendral Kurt Student untuk merebut Pulau Kreta diLaut Tengah dari tangan Inggris.


BRANDENBURG

Dibentuk : 1939
Tipe : Pasukan Khusus / Komando
Asal : Jerman
Pemimpin : Theodor Von Hippel

BRANDENBURG adalah satuan komando Jerman yang dibentuk selama Perang Dunia II. Cikal bakal kesatuan ini telah ada sejak Perang Dunia I. Berbeda dengan Waffen-SS, BRANDENBURG tidak memiliki kaitan apapun dengan partai Nazi. Mereka berada langsung dibawah komando Abwehr (Badan Intelijen Angkatan Bersenjata Jerman) dan merupakan satuan komando yang menjalankan misi-misi khusus.
Para anggota BRANDENBURG(BRANDENBURGER) telah beraksi disemua front dalam Perang Dunia II : dalam Blitzkrieg(Perang Kilat) diPolandia, perang diPerancis, Operasi Barbarossa diRusia, Finlandia, Yunani, Gibraltar (Spanyol), invasi pasukan payung diPulau Kreta (Operasi Mercury), Semenanjung Balkan, dan bahkan beberapa unit juga dikirim dengan misi penyusupan diIndia,Timur Tengah, Afghanistan, dan Afrika Selatan. Dalam masa-masa awal perang, BRANDENBURG mampu menunjukan prestasi yang sangat mengesankan dalam menguasai dan menduduki tempat-tempat vital, seperti jembatan,bunker,jalur kereta api, atau benteng pertahanan sebelum pasukan utama bergerak maju. Unit-unit BRANDENBURG juga terdiri dari orang-orang yang mahir berbahasa asing untuk melakukan misi penyusupan dan penyamaran.
Selesai perang,para veteran BRANDENBURG banyak yang tidak kembali kepada kehidupan sipil yang damai dan memilih tetap bertugas di kemiliteran. Sebagian besar dari mereka bergabung bersama Legiun Asing Perancis, atau sebagai penasehat militer diberbagai negara. Termasuk diantarany adalah penasehat militer Presiden Indonesia pertama SOEKARNO


SPECIAL AIR SERVICE

Dibentuk : 22 Juli 1941
Tipe : Pasukan Khusus / Komando
Asal : Inggris
Pemimpin : ( Selama Perang Dunia II )
# David Stirling
# William Stirling
# Robert Blair "Paddy" Mayne

SPECIAL AIR SERVICE (SAS) adalah kesatuan pasukan khusus Inggris yang utama. SAS hampir selalu ambil bagian dalam setiap konflik internasional yang melibatkan Inggris selama dan sesudah Perang Dunia II,termasuk dalam konfrontasi Indonesia-Malaysia pada tahun 1963,perang Malvinas diArgentina dan perang Teluk I dan II. Pada masa sekarang, SAS menjadi model acuan utama bagi pembentukan kesatuan pasukan khusus diberbagai negara,termasuk Indonesia yang memiliki Korps Baret Merah Kopassus dan unit pasukan khusus Amerika 'Delta Force'. SAS pada mulanya dibentuk untuk melumpuhkan kekuatan pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, pada saat sekarang banyak berperan sebagai kesatuan anti teror.


LONG RANGE DESERT GROUP

Dibentuk : 3 Juli 1940
Tipe : Pasukan Khusus / Patroli Padang Pasir
Asal : Inggris
Pemimpin :
# Mayor Ralph A. Bagnold
# Guy Lennox Prendergast
# John Richard "Jake" Easonsmith
# David L. Lyold Owen

LONG RANGE DESERT GROUP(LRDG) atau sering disebut sebagai Desert Patrol mempunyai misi utama pengintaian digurun pasir, pengumpulan data-data intelijen, dan navigasi serta penunjuk jalan dan jasa transportasi dipadang pasir. LRDG jg sering menjalankan misi-misi tempur dengan melancarkan serangan tiba-tiba(raid) dalam skala yang cukup besar terhadap posisi tertentu, dan penyergapan (ambush) terhadap konvoi pasukan musuh. Spesialisasi utama LRDG adalah pengintaian dengan kendaraan bermotor(mechanized reconnaissance) dan navigasi gurun. LRDG menjalankan misi dengan kendaraan seperti truk Chevrolet dan Ford buatan Amerika yang dipersenjatai. Berkat peran yg dimainkan oleh LRDG ini, pasukan Sekutu diAfrika Utara dapat mengalahkan sang jenius pemberani Marsekal Erwin Rommel dari Afrika Korps Jerman. Erwin Rommel sendiri mengakui bahwa pasukan yang paling ditakutinya digurun Afrika Utara adalah LRDG Inggris.


DECIMA FLOTTIGLIA MAS

Dibentuk : 1935
Aktif : 24 Feb 1940 - 26 April 1945
Tipe : Pasukan Khusus / Komando Pasukan Katak Angkatan Laut
Asal : Italia
Pemimpin :
# CF Paolo Aloisi
# CF Mario Giorgini
# Vittorio Moccagata
# Junio Valerio borghese

Jika tentara Italia dalam Perang Dunia II dianggap tidak kompeten dan kurang disegani, maka Decima Flottiglia Mezzi d'Assalto adalah sebuah pengecualian. Decima Flottiglia MAS merupakan unit pasukan khusus yang terdiri dari manusia-manusia katak Italia dibawah komando Regia Marina(Angkatan Laut Italia) yang dibentuk oleh rezim Fasis Italia. Akronim MAS(Mezzi d'Assalto= kapal tempur) menunjuk pada kapal pembawa torpedo9torpedo boat). Reputasi Decima Flottiglia MAS sebagai pemangsa kapal-kapal sekutu yang sedang berlabuh,baik kapal perang maupun kapal-kapal dagang sipil telah sangat terkenal. Manusia-manusia katak ini dikenal sangat mematikan dengan metode penyerangan dan sabotase yang sangat cerdik. Pengerahan pasukan bawah air ini adalah salah satu seni perang terbaru yang dipelopori Italia.


U.S RANGER

Dibentuk : Juni 1942
Tipe : Pasukan Elite Infanteri Ringan
Asal : Amerika Serikat
Pemimpin : (Selama Perang Dunia II)
# Letkol William Orlando Darby

U.S RANGER(Army Rangers) adalah unit pasukan elit infanteri ringan Amerika Serikat yang mulai dibentuk pada pertengahan 1942. Pasukan ini terutama bertugas melakukan pengintaian dengan bergerak dari suatu tempat ketempat lain (Ranging) untuk mengidentifikasi ancaman dan memperingatkan induk pasukan. Ranger dibentuk sebagai unit gerak cepat dengan melaksanakan misi-misi pengintaian dan spionase.


sumber: http://zonamalam.blogspot.com/2012/04/kisah-pasukan-elit-perang-dunia-ii.html#ixzz1tWegmPuY

JANGAN LUPA DI LIKE YAH.!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel Pilihan dengan judul Kisah Pasukan Elit Perang Dunia II. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://publixnews.blogspot.com/2012/04/kisah-pasukan-elit-perang-dunia-ii.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: publixnews - Senin, 30 April 2012

Belum ada komentar untuk "Kisah Pasukan Elit Perang Dunia II"

Posting Komentar