ADS

MENGAPA BANYAK ORANG STRESS KARENA UANG


Masalah finansial adalah salah satu sumber gangguan kesehatan bagi sebagian besar orang dewasa. Sebanyak 9 dari 10 orang mengaku problema finansial mempengaruhi kondisi mental dan fisik mereka.

Gejala-gejala yang diderita semua kelompok umur dan sosial ekonomi menunjukkan persamaan, mulai dari kecemasan, kenaikan berat badan, depresi, insomnia, palpitasi, hilangnya rasa humor, penurunan gairah seks, hingga gangguan pencernaan.

Survei perusahaan asuransi AXA mengungkapkan, 63 persen orang yang mengalami kesulitan keuangan menjadi stres selama 12 bulan terakhir. Bahkan, orang yang bekerja di puncak karier, seperti manajer, mengalaminya. Sebanyak 21 persen top manajer tertekan akibat finansial daripada pekerja (9 persen).

Pakar kesehatan mental Dr Roger Henderson mengidentifikasi hal ini sebagai sindrom Money Sickness Syndrom (MMS). "Hampir dua pertiga orang mengalami stres dengan kondisi keuangan mereka, terutama akibat biaya hidup tinggi, tagihan dan pembayaran utang," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Untuk mengatasi stres, banyak penderita yang kemudian beralih menjadi pecandu minuman, merokok, atau makan berlebihan. Sebanyak 18 persen orang makan berlebih untuk mengatasi rasa frustasi, sedangkan hanya empat persen yang mencari pertolongan dokter.

Studi menemukan, tingkat stres yang dialami wanita lebih berat daripada yang dirasakan pria.
Beberapa akibat masalah keuangan di antaranya:

- Kecemasan: 47 persen wanita dan 29 persen pria
- Kelebihan berat badan: 28 persen wanita, 19 persen pria
- Kehilangan konsentrasi: 25 persen wanita, 16 persen pria
- Depresi: 25 persen wanita, 19 persen pria
- Insomnia: 24 persen wanita, 16 persen pria
- Kelelahan terus menerus: 23 persen wanita, 13 persen pria
- Merasa tak dapat mengendalikan diri: 19 persen wanita, 10 persen pria

Dr Henderson memperingatkan, mengontrol gejala stres dan mencari pemecahannya akan berdampak lebih baik bagi kesehatan. Penanganan keuangan yang lebih rasional dan akses dari konsultan dapat mencegah kekhawatiran karena tidak mampu mengendalikan kondisi finansial pribadi.
JANGAN LUPA DI LIKE YAH.!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel Pilihan dengan judul MENGAPA BANYAK ORANG STRESS KARENA UANG. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://publixnews.blogspot.com/2012/04/mengapa-banyak-orang-stress-karena-uang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: publixnews - Senin, 30 April 2012

Belum ada komentar untuk "MENGAPA BANYAK ORANG STRESS KARENA UANG"

Posting Komentar