ADS

Jelang UN, Kunci Jawaban di Situbondo Beredar Lewat SMS


Situbondo - Sehari menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), pesan singkat atau SMS diduga berisi bocoran kunci jawaban soal UN beredar luas di Situbondo.

Kunci jawaban soal UN itu sudah banyak diterima kalangan pelajar setingkat SMA di Situbondo. Sejauh ini, kunci jawaban UN yang tersebar ke siswa lewat ponsel adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang akan diujikan pada Senin (16/4/2012) besok.

Pantauan detiksurabaya.com, SMS yang diterima para siswa calon peserta UN di Situbondo itu tertera jelas bertuliskan 'Kunci Jawaban Ujian Bahasa Indonesia 2012'.

Berikutnya, tertera huruf pilihan jawaban soal mulai dari Paket A hingga Paket E. Di bagian bawah kunci jawaban itu ada tulisan 'Dari SMAPRA tapi jangan percaya dulu nanti saat ujian dikoreksi lagi'.

Sejumlah siswa calon peserta UN yang ditemui mengaku sudah menerima SMS berisi kunci jawaban UN Bahasa Indonesia tersebut. Disebut-sebut, pesan singkat tersebut mulai beredar ke kalangan siswa sejak Minggu (15/4/2012) pagi. SMS tersebut dipastikan sudah merambah ke banyak pelajar peserta UN di Situbondo. Indikasinya seorang siswa bisa menerima pesan singkat itu hingga beberapa kali.

"Dari tadi pagi sms kunci jawaban itu sudah terima 4 kali. Paling pagi saya terima pukul 07.21 tadi. Ada yang dari teman, tapi ada juga yang dari nomor tidak dikenal. Bukan hanya sekolah saya, teman saya dari sekolah lain juga ikut menerima," kata Dian Eka Damayanti, salah satu calon peserta UN Situbondo kepada detiksurabaya.com, Minggu (15/4/2012)

Tak hanya kunci jawaban saja, menurut siswa SMAN 2 Situbondo itu masih ada beberapa pesan singkat 'pendukung' yang diterimanya. Salah satunya, berisi himbauan agar Hari Senin siswa mematikan ponsel dari gerbang hingga kelas karena ada penyadap signal untuk semua sekolah. Di bagian bawah imbauan itu tertulis 'Sebarkan, aku dapat dari sekolah Jember informasinya;.

"Banyak juga SMS yang bilang mulai 16 - 18 April 2012, antara pukul 05.30 sampai 10.00 semua operator seluler diblokir, dan hanya tinggal satu operator saja. SMS tersebut dibagian bawahnya juga diminta untuk disebar," tukas Dian.

Dipaparkan Dian, secara pribadi dirinya kurang begitu percaya dengan kunci jawaban UN Bahasa Indonesia yang beredar lewat pesan singkat tersebut. Keraguan itu lantaran semua soal masih berada di tangan panitia sehingga tidak mungkin terjadi kebocoran.

"Tapi namanya hati ya antara percaya dan tidak. Tidak tahu bagaimana dengan teman-teman yang lain. Yang pasti, SMS kunci jawaban itu sudah tersebar," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Hadi Wiyono menegaskan jika sejauh ini tidak mungkin terjadi kebocoran soal UN. Sebab pengawasan yang dilakukan terhadap soal UN cukup ketat, baik selama pendistribusian maupun penyimpanan. Karena itu, Penanggung Jawab Pelaksanaan UN Situbondo itu optimis jika SMS berisi kunci jawaban itu menyesatkan dan bertujuan mengacaukan konsentrasi peserta UN di Situbondo.

"Karena itu saya imbau agar semua siswa tidak terpengaruh dengan SMS berisi kunci jawaban tersebut. Bisa jadi SMS itu tujuannya hanya untuk menjatuhkan. Bagaimana mau tahu jawabannya, wong soalnya sampai sekarang dalam penjagaan ketat sehingga tidak mungkin bocor," tegas Sekretaris Kabupaten Situbondo itu.
JANGAN LUPA DI LIKE YAH.!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel lifestyle dengan judul Jelang UN, Kunci Jawaban di Situbondo Beredar Lewat SMS. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://publixnews.blogspot.com/2012/04/jelang-un-kunci-jawaban-di-situbondo.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: publixnews - Minggu, 15 April 2012

1 Komentar untuk "Jelang UN, Kunci Jawaban di Situbondo Beredar Lewat SMS"